SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

Zaman prasejarah terbagi menjadi beberapa periode waktu ;
Pada periode sampai tahun 3000 SM, cara manusia berkomunikasi sangat terbatas. Manusia menggambarkan informasi yang mereka dapatkan kedinding-dinding gua, seperti hal berburu dan binatang buruannya.
Pada periode tahun 3000 SM, untuk pertama kalinya, bangsa Sumeria menggunakan tulisan dalam berkomunikasi, tulisan yang digunakan masih berupa symbol-symbol yang dibentuk dari Piktograf sebagai huruf.
Pada periode 2900 bangsa Mesir Kuno telah menggunakan huruf-huruf Hieroglif untuk berkomunikasi.
Pada periode 500 SM bangsa Mesir Kuno sudah menggunakan serat Papirus sebagai kertas.
Pada periode 150 M, bangsa Cina menemukan kertas yang terbuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci kemudian diratakan dan dikeringkan.
Seiring dengan perkembangan jaman, akhirnya banyak ditemukan alat penunjang teknologi informasi.
Berikut nama penemu ;
1.     Telegraf ditemukan oleh Samuel Finley Breese Morse pada tahun 1837.
2.     Telepon ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tanggal 10 Maret 1876.
3.     Stephen Gray Frog yang pertama kali berhasil mengirimkan sinyal listrik melalui kabel pada tahun 1729
4.     Pertama kali menemukan baterai pada tahun 1800 adalah Alesandro Volta.
5.     Chritian Dersted, pertama kali menemukan gejala elektromagnetik pada tahun 1820.
6.     Michael Faraday berhasil menemukan generator listrik pada tahun 1820.
7.     George Eastman pada tahun 1884 menemukan Televisi.
Dari waktu ke waktu teknologi terus berkembang, yang pada akhirnya ditemukanlah komputer.
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Alat hitung tradisional , salah satu contoh perhitungan kuno adalah Abacus, yang sebelumnya telah digunakan oleh bangsa Romawi Kuno dan Yunani Kuno.
Pada tahun 1642 seorang ilmuwan Perancis yaitu Blaise Pascal berhasil menemukan kalkulator otomatis yang pertama.
Pada tahun 1842 Charles Babbage berhasil membuat komputer mekanik yang pertama yang disebut Difference Engine, setelah itu muncul versi-versi pengembangan yang lain dan merupakan versi terakhir yaitu komputer mekanik yang disebut mesin penganalisis  (analytical engine)
Pada tahun 1888, Herman Hollerith berhasil menemukan sistim kartu berlubang (punched card system).
Pada tahun 1896 Hollerith mendirikan Tabulating Machine Company dan terus berusaha mengembangkan mesinnya.
Pada tahun 1931 Vannevar Bush (1890-1974), menemukan differential analyzer di Amerika.
KOMPUTER GENERASI PERTAMA
1.Komputer ENIAC dirancang oleh John Presper Eckert tahun 1919-1995 dengan John W. Mauchly pada tahun 1907-1980. ENIAC terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor dan 5 juta titik solder.
2.Komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) ditemukan oleh John Von Neumann bekerja sama dengan Univercity of Pennsylvania pada pertengahan tahun 1940, computer tersebut dilengkapi dengan memori yang dapat menampung program dan data.
3.Komputer UNIAC (Universal Automatic Computer) ditemukan oleh Remington Rand pada tahun 1951. Computer ini memiliki lebih banyak kemajuan dibanding computer sebelumnya tetapi dianggap sangat tidak efisien bila dibandingkan dengan komputer standar yang ada data.
KOMPUTER GENERASI KEDUA
1.Pada komputer jenis kedua ini bahasa mesinnya diganti dengan bahasa Assembly 
 2.Penggunaan komputer yang semakin meluas dan membutuhkan tingkat fleksibilitas yang lebih tinggi memicu munculnya bahasa-bahasa pemrograman seperti business oriented language (COBOL) dan formula transistor (FORTAN)
KOMPUTER GENERASI KETIGA
Pada tahun 1958 Jack Kilby, seorang insinyur elektro Amerika menemukan sirkuit teritegrasi (ICL ; Integrated circuit ).
KOMPUTER GENERASI KEEMPAT
Mikroprosesor adalah Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971. Mikroprosesor ini dibuat untuk digunakan pada kalkulator. Sesuai dengan prediksi sebelumnya dari perintis semi konduktor Amerika, Gordon Moore pada tahun 1965 Moore memprediksi bahwa jumlah transistor di chip computer akan bertambah dua kali lipat setiap 24 bulan. Prediksi tersebut dikenal dengan hukum MOORE.
KOMPUTER GENERASI KELIMA (1980an-?)
Komputer pada generasi ini dapat menerjemahkan bahasa manusia serta adanya penghematan energi komputer. Sifat ini dinamakan “Artifical Intelegence” selain itu berbasis GUI, Multimedia dan Multikomunikasi.
Contoh komputer yang lahir generasi kelima berbasis X86, seperti chip 286 yang dikenalkan tahun 1982 dengan 134.000 transistor, kemudian chip 386 tahun 1983 dengan 275.000 transistor, sedangkan chip 486 diperkenalkan pada tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta transistor.
Selanjutnya tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang disebut dengan Pentium I dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakukan MIPS (Million Instruction Per Second). Kemudian generasi berikutnya Pentium II, III dan IV.
Pada akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium IV yang merupakan prosesor terakhir dari keluarga Intel dengan arsitektur 32 bit.
Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor ITANIUM (Code Named Merced) yang merupakan prosesor yang berbasis arsitektur 64 bit.
KOMPUTER GENERASI MASA DEPAN
Biochip yang terbuat dari bahan protein sintesis, robot yang dibuat dari bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam penelitian sekarang ini adalah Mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang.
Bagian-bagian atau perangkat yang ada didalam komputer baik yang disebutkan sebagai generasi pertama sampai pada generasi masa depan sama halnya dengan menjelaskan bagaimana sejarah perkembangan hard ware.
SEJARAH SOFTWARE
Era stabil penggunaan komputer sudah banyak digunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri/perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan dan sebuah perangkat lunak  dapat menjalankan beberapa fungsi. Perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk baris-baris perintah perangkat lunak yang dijalankan oleh komputer bukan satu-satu tapi sudah seperti banyak proses yang dilakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai dikenal sistem basis data yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data yang diproses.
Era mikro sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer diera ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada didalam perangkat lunak mengarah kesuatu jenis kecerdasan buatan.
Era modern saat ini, perangkat lunak sudah terdapat dimana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 processornya, sebuah komputer genggampun telah dilengkapi dengan perangkat lunak  yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tingkat kecerdasan yang ditunjukan oleh perangkat lunak semakin meningkat. Selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.
SEJARAH INTERNET
Jaringan komputer berbasis teknologi internet dimulai tahun 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika,US Defence advanced research project Agency(DARPA) melakukan penelitian tentang menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya sehingga membentuk jaringan global. Penelitian ini dikenal dengan nama ARPANET(Advanced Reseach Project Agency Network) dibangun dengan sasaran untuk membuat suatu jaringan komputer yang tersebar. Jaringan ini dimaksudkan untuk melindungi dari data yang terpusat yang dipandang rawan dihancurkan apabila terjadi peperangan.
Pada tahun 1972,program e-mail pertama diperkenalkan oleh Roy Tom Linson
Pada tahun 1973,jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan keluar AS
Tanggal 26 Maret 1976,Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari royal signals and radar establisment di Malvern.
Tahun 1977 lebih dari seratus komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.
Tahun 1979 di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan EUNET, yang menyediakan jasa jaringan komputer untuk negara Belanda,Inggris,Denmark dan Swedia. Jaringan EUNET menyediakan jasa e-mail dan news group USENET.
Diawal 1980-an,ARPANET terbagi menjadi dua jaringan yaitu ARPANET dan MILNET(sebuah jaringan militer) akan tetapi keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi antar jaringan tetap dapat dilakukan.
Tahun 1982,transmission control protocol atau TCP dan internet protokol atau IP yang dikenal dengan nama TCP/IP,sebagai protokol resmi yang diakui oleh semua pengguna jaringan komputer di seluruh dunia disusul dengan penggunaan sistem DNS(Domain Name Service)pada 1984.
Tahun 1986 lahir Nasional Science Foundation Network(NSFNET)yang menghubungkan para periset Amerika dengan lima buah pusat super komputer.
Australia,Skandinavia,Inggris,Perancis,Jerman,Canada dan Jepang segera bergabung kedalam jaringan ini.
IRC atau Internet Relay Chat ditemukan oleh Jarko Oikarinen dari Finlandia tahun 1988.
Tahun 1989 jumlah komputer mencapai sepuluh kali lipat dari tahun sebelumnya. Tidak kurang dari 100.000 komputer yang tersambung ke jaringan membentuk komunitas global.
Tahun 1990,Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya. Program inilah yang disebut www atau world wide web.
Tahun 1992,komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer,dan pada tahun yang sama muncul istilah Surving The Internet.

0 komentar:

Posting Komentar


About this blog

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Hargailah Waktu...!!